Rabu, 17 Agustus 2016

Info Lokasi Wisata Raja Ampat di Papua yang Eksotis

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari ribuan pulau yang eksotis di Indonesia. Raja Ampat sangat tersohor keindahan nya di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan bawah laut nya yang sangat cantik.
Kepulauan Raja ampat terdiri dari empat deretan pulau-pulau, yaitu: pulau wagieo, pulau misool, pulau salawati, dan pulau bantata. Raja Ampat masuk ke wilayah kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia.




Rute Menuju Raja Ampat 
 
Jika anda memiliki rencana untuk berlibur ke Raja Ampat tentu saja harus menyiapkan kocek sekitar 7-10 juta, sudah termasuk tiket pesawat dari kota sorong PP, penginapan dan untuk menikmati spot-spot bawah air di Raja Ampat. Untuk harga yang sudah anda bayar akan sebanding dengan keindahan alam yang Raja Ampat persembahkan untuk anda.

Akses menuju Raja Ampat, dimulai dengan melakukan perjalanan udara, menuju ke kota Sorong – Papua Barat di Bandar Udara Domine Edward Osok. Di bandara ini tidak ada jalur penerbangan internasional yang  menuju ke Bandar Udara Domine Edward Osok. Jika anda datang dari luar negeri, bisa transit di Jakarta, Surabaya, denpasar atau Makassar. Namun, Anda ingin menempuh jalur tercepat, dapat transit di Ujung Pandang sekitar 5 jam 15 menit sampai di kota Sorong. 

Lalu dari kota Sorong, perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil umum ke pelabuhan rakyat untuk menuju ibukota Raja Ampat, yaitu Waisai. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan transportasi Kapal Ferry/ menyewa speed boat, namun disarankan  di pelabuhan ini Anda harus menyediakan perbekalan makan air mineral, makanan instan. Karena di Waisai, harga keperluan perbekalan sangat mahal. Di pelabuhan ini ada 2 kapal ferry yang biasa menyebrang jalur perjalanan dari Sorong ke Waisai, biasanya berangkat tiap pukul 14.00 WIT, kemudian kapal yang lainnya berangkat sekitar 1 atau 2 jam kemudian. Perjalanan memerlukan waktu sekitar 4 – 5 jam sampai di pelabuhan Waisai. 

Bagi Anda yang ingin menyewa speedboat, waktu yang sangat ideal untuk menyeberang adalah sebelum air laut pasang, yang biasanya di akibatkan gelombang pasang atau sekitar sebelum pukul 12.00 WIT. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan terjadi ombak besar, karena besar speedboat lebih kecil daripada Kapal, sehingga sangat mudah terguncang oleh ombak. Lalu yang menjadi catatan adalah patuhi instruksi dari Nahkoda kapal jika menginstruksikan menunda perjalanan menuju ke pelabuhan Waisai jika cuaca buruk, atau gelombang pasang. Memang sedikit rumit, rute perjalanan ke Raja Ampat ini. Tetapi, kedepan pemerintah setempat akan mengembangkan bandar udara di Waisai, yang nantinya dapat mempermudah akses ke Raja Ampat. 




Sesampai nya di pelabuhan Waisai, perjalanan dilanjutkan ke kota dimana Anda dapat dengan mudah mencari penginapan yang sesuai kocek. Akan tetapi sebelumnya harus mendatangi kantor Depbudpar setempat, untuk membayar biaya konservasi yang harus dibayar bagi setiap wisatawan yang mengunjungi ke wilayah Raja Ampat. Setelah itu baru Anda dapat mencari tempat penginapan.
Objek wisata disini banyak menawarkan pesona keanekaragaman hayati, yang bisa dibilang cukup melimpah. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak melewatkan moment  pada waktu berkunjung kesana. Kondisi ini ini didukung oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut, kebudayaan, dan kearifan penduduk lokalnya.

Demikian sedikit review tentang  Info Lokasi Wisata Raja Ampat di Papua yang Eksotis, setelah membaca artikel ini pasti anda ingin mengunjungi nya bukan? Tentu saja karena keindahan alam dan laut nya membuat banyak orang ingin kembali lagi kesini. semoga bermanfaat bagi anda dan bisa menjadi referensi liburan. Selamat berlibur :)

Info Lokasi Wisata Raja Ampat di Papua yang Eksotis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Info Pariwisata Nusantara

2 komentar: